Tugas day-3 ini barusaaaaan aja selesai.... sebenarnya sih mau ngerjain kemaren2... cuman karena tugas yang lain banyak dan waktu pengumpulan juga sangat singkat.... yaaah baru kelar dah...
Nama : Siti Eva Tuniyati
Jurusan : D4 – Animasi
MEDIA YANG BAIK
Media
adalah sebuah alat yang mempunyai fungsi menyampaikan pesan (Bovee, 1997) sedangkan
pembelajaran adalah sebuah proses komunikasi atau interaksi antara sumber belajar
dengan peserta didik. Dari kedua pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa
media pembelajaran adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menyampaikan pesan
dalam sebuah proses komunikasi atau interaksi antara sumber belajar dengan
peserta didik.
Untuk
menciptakan media pembelajaran yang baik, maka media tersebut harus memenuhi
beberapa syarat, diantaranya:
- Media pembelajaran harus mempunyai tujuan untuk memberikan dan meningkatkan motivasi peserta didik
- Media harus merangsang peserta didik untuk mengingat apa yang sudah dipelajari.
- Media yang baik akan mengaktifkan peserta didik dalam memberikan tanggapan, umpan balik, dan juga mendorong peserta didik untuk melakukan praktek-praktek dengan benar.
- Penggunaan media harus terencana, untuk menghindari adanya komunikasi yang tidak lengkap, tidak tuntas, atau tertunda.
Selain
harus memenuhi syarat di atas, media pembelajaran juga harus kita lihat dari
sisi keefektifannya. Menurut Thorn (1995) ada enam karakteristik untuk menilai
keefektifan sebuah media:
- Kemudahan navigasi: sebuah program harus dirancang sedemikian rupa atau sesederhana mungkin sehingga peserta didik tidak perlu belajar komputer dahulu secara menyeluruh.
- Kandungan kognisi: program ini harus mudah dicerna oleh peserta didik.
- Pengetahuan dan presentasi informasi: kedua kriteria ini untuk menilai isi dari program itu sendiri, apakah program tersebut telah memenuhi kebutuhan pembelajaran peserta didik atau belum.
- Integrasi media: media harus mengintegrasikan aspek-aspek pembelajaran yang harus dipelajari.
- Estetika: media yang digunakan harus mempunyai tampilan yang artistik sehingga menarik minat peserta didik.
- Fungsi secara keseluruhan: program yang dikembangkan harus memberikan pembelajaran yang diinginkan oleh peserta didik, sehingga pada waktu peserta didik selesai menjalankan program dia akan merasa telah belajar sesuatu.
c
Cukup sekian... Semoga bermanfaat buat semuaaaa.... :D