Hari berikutnya ... masih belajar 3DWS masih membahas tentang "Controllers".. waktu belajar ini memang awal merasa kesulitan dan saya tidak tahu apa itu controllers?!?!?
ini memang pertama kalinya saya belajar.. dan pertama kali juga mendengar kata-kata ini.. [ Sangat awam ! ]  dan pada saat pertama praktek yang muncul "error" sudah pasti.. hahhaa... emang dasar PHP buat saya bikin pusing hahaha.. :D
tetapi, saya terus belajar bertanya pada teman-temna saya yang sudah bisa.. dan juga memahami hingga hasilnya "alhamdulillah tidak error... " ilmu saya bertambah lagi... :D

dibawah ini, hasil lpaoran pada prakikum :



Buka C – buka folder xampphtdocsD4D6applicationcontrollers, kemudian buka “welcome.php” copy pada document baru.

Kemudian beri nama news.php sesuai nama kelas yang dibuat.




Kemudian, masuk pada folder Buka C – buka folder xampphtdocsD4D6applicationview


Pada news.php edit bagian function index




Setelah itu, membuat document baru dan diberi nama sesuai pada script php, kemudian di simpan di folder view.

Maka hasil pada browser seperti dibawah ini :


Kemudian pada view_news_show.php isi seperti dibawah ini :




Buat database dan diberi nama “news”


Pada news.php masukkan script seperti dibawah ini:




Hasilnya seperti dibawah ini”

Kemudian buat dokumen baru diberi nama “view_show_page.php”

Kemudian buat dokumen baru dengan nama : “ModelNews.php” dan masukkan script seperti dibawah ini :




Kemudian di simpan di C:\xampp\htdocs\D4B6\application\models

Selanjutnya, masuk pada C:\xampp\htdocs\D4B6\application\config, edit autoload.php, ketikkan nama file yang di simpan pada folder “model”

Maka hasilnya seperti di bawah ini :
Kenapa hasilnya seperti dibawah ini, karna database nya masih kosong atau belum ada isinya.


Finish .... semoga bermanfaat buat semua dari pengalaman belajar saya tentang CI "Controllers"... 

Label:

Leave a Reply